Macam-Macam Hari Kiamat Menurut Para Ulama

Macam-Macam Hari Kiamat Menurut Para Ulama
Penyebutan hari kiamat tidak hanya berlaku untuk hari akhir atau peristiwa hancurnya alam semesta. Kejadian tertentu di alam ini yang menyebabkan kerusakan sehingga menimbulkan korban meninggal dunia dapat dikelompokkan sebagai hari kiamat. Peristiwa hari kiamat menurut para ulama terdiri atas dua macam, sebagai berikut.

# Kiamat Sugra


Kiamat sugra (kecil) yaitu peristiwa kiamat dalam skala kecil yang terjadi hanya terbatas pada daerah-daerah tertentu, misalnya terjadinya bencana alam di bumi saat ini. Kiamat sugra hampir setiap hari terjadi. Meninggalnya seseorang, tanah longsor, banjir, gempa bumi, dan gunung meletus merupakan contoh kiamat s.ugra. Meninggalnya seseorang merupakan kiamat sugra bagi orang tersebut. Rasulullah saw. bersabda seperti berikut yang artinya.

Dari Anas, Rasulullah saw. bersabda: “Orang yang mati telah datang kiamatnya”. (H.R.  Ibnu  Abid Dunya)

Selain kiamat berupa kematian seperti dijelaskan pada hadis di atas, kiamat sugra masih banyak jenisnya.

Dengan adanya kiamat sugra seharusnya menjadi peringatan bagi kita agar selalu siap dalam menghadapi datangnya kiamat. Kematian yang tidak kita ketahui waktu datangnya  seharusnya membuat kita selalu siap menghadapinya. Kita tidak boleh lengah atau melakukan perbuatan dosa karena kita tidak pernah mengetahui waktu maut menjemput.

# Kiamat  Kubra


Kiamat kubra (besar) artinya kiamat besar yang ditandai dengan hancurnya alam dan seluruh isinya. Kiamat kubra- ini yang sering disebut sebagai hari akhir. Saat itu semua makhluk akan hancur binasa. Hanya Allah Swt., Sang Khaliq yang kekal abadi selama-lamanya. Kiamat kubra sampai saat ini belum kita temui, sementara kiamat sugra sering kita temui dalam kehidupan saat ini.
Load comments